skmnuansanews.wordpress.com-Lubuklinggau, Areal komoditi Sawit Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan di tahun 2010 lalu mengalami Peningkatan, 80,95 hektare pada tahun 2009. Luas Areanya bertambah menjadi 103, 85 hektare.  

” Luas Area Tanaman sawit memang meningkat, namun produksi rata-rata jenis komoditi perkebunan jenis ini turun. Dari rata-rata 6,59 ton perhektare dalam satu tahun pada 2009 menjadi hanya 6,27 ton perhektare pada tahun 2010, ” papar Abu Bakar, Kepala Bidang (Kabid) perkebunan dan Kehutanan, Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (DTPPK) Kota Lubuklinggau.

Saat ini areal tanaman sawit yang belum menghasilkan pada tahun 2010 terdata seluas 80,90 hektare. Lalu luas area sawit yang menghasilkan saat ini ada 22,95 hektare.

Dari 22,95 hektare tersebut Lubuklinggau mampu memproduksi sawit mencapai 144 ton setahunnya. Sedikit meningkat dibandingkan tahun 2009 lalu dengan produksi hanya 121,69 Ton.

Ditambahkannya, sektor produksi tanaman perkebunan jenis sawit ini memang bukan tanaman perkebunan favorit didaerah tersebut. Hal itu disebabkan karena terbatasnya lahan yang ada.

Namun ia mengakui bahwa jenis komoditi ini memiliki peluang yang cukup besar dalam memberikan kontribusi pertumbuhan dan perputaran ekonomi di daerah itu.

” Karena area untuk komoditi ini amat sulit didapat di daerah kita, karena luas wilayah yang sempit serta harga lahan yang mahal. Itu membuat komoditi ini amat sulit dikembangkan, meski harus diakui bahwa sektor ini cukup menjanjikan, ” pungkasnya. (net)