skmnuansanews-Bengkulu (09/06),Memasuki hari keempat pelaksanaan musabaqah tilawatil quran tingkat nasional ke-23 di Provinsi Bengkulu, yang digelar 5-12 Juni sejumlah cabang yang dilombakan mulai memasuki babak final diantaranya cabang tilawah dewasa.

“Untuk cabang tilawah dewasa sudah memasuki babak final yang akan dilangsungkan Jumat malam tanggal 11 Juni nanti di arena utama MTQ Air Sebakul,” kata panitra cabang tilawah dewasa, Subhan, Rabu.

Ia mengatakan dari 14 peserta yang bertanding di babak semifinal sebanyak enam qari/qariah berhasil masuk babak final. Peserta yang melaju ke babak final ini berasal dari sejumlah provinsi di tanah air, sedangkan identitas serta asal daerah baru akan disebutkan saat pengumuman juara guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Sementara itu, untuk cabang lainnya yang hari ke empat mempertandingkan cabang tilawah tingkat anak-anak, qira’at, hifzil 1 juz dan tilawah, hifzil 10 juz, tafsir bahasa Arab, tafsir bahasa Inggris, fahmil, khattil golongan dekorasi, babak final menulis kandungan quran (MKQ).

Selanjutnya cabang tilawah tingkat remaja, tartil quran, tilawah cacat netra, hifzil 5 juz dan tilawah, hifzil 20 dan 30 juz, tafsir bahasa Indonesia dan cabang syarhil.
MTQ tingkat nasional yang di gelar di Provinsi Bengkulu, memperlombakan tujuh cabang antara lain cabang tilawah yang terdiri enam golongan yaitu tartil tingkat anak-anak, remaja, dewasa, golongan cacat netra dan golongan qira’at.

Kemudian hifzil, dengan lima golongan yaitu 1 juz Ma’a tilawah, golongan 5 juz Ma’a tilawah, golongan 10 juz, golongan 20 juz dan golongan 30 juz. Selanjutnya cabang tafsir dengan tiga golongan yaitu golongan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Indonesi. Cabang khattil dengan tiga golongan antara lain mushaf, naskah dan golongan dekorasi. Cabang fahmil, cabang Syahril serta cabang menulis kandungan Al quran.

Sedangkan untuk perwakilan Sumatera Selatan, ternyata tak satu pun ada perwakilan dari Kabupaten Musi Rawas yang pada MTQ Tingkat Provinsi XXIV lalu muncul sebagai juara umum.

Menurut panitia peserta dari provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh qori dan qoriah, OKI, Palembang, Muba, OI dan Banyuasin. Hal ini semakin memperjelas bahwa adanya permasalahan yang parah dalam pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Musi Rawas 19-25 April 2010 lalu.

Pernyataan Sekda Musi Rawas, Sulaiman Kohar di Media ini beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa ia yakin kabupaten Musi Rawas akan kebagian dua atau 3 orang qori-qoriah ternyata tak terbukti di acara MTQ tingkat Nasioanl dengan tuan Rumah Provinsi Bengkulu. (TIM)