skmnuansanews, Musi Rawas (9/6)– Ada Kabar Gembira untuk masyarakat Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Empat Lawang bahwa Bandara Silampari Musirawas mulai beroperasi dimulai Rabu (9/6) untuk melayani penerbangan reguler.Peresmian dimulainya penerbangan perdana bandara silampari dibuka dan di resmikan oleh Bupati Musi Rawas yang juga dihadiri oleh Walikota Lubuklinggau H Riduan Effendi dan Sekda Kabupaten Empat Lawang,Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Rawas Ari Narsa JS di selah katasambutannyamengatakan, untuk sementara penerbangan reguler baru melayani rute Lubuklinggau-Jakarta PP saja. dan dalam satu minggu hanya melayani empat kali penerbangan, yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.
“Untuk rute penerbangan Lubuklinggau-Palembang, sementara belum karena masih memersiapkan fasilitas pelayanan seperti kantor dan lainnya. Tetapi dalam waktu dekat ini, kita siap melayani penerbangan Lubuklinggau-Palembang,” ungkapnya.
Untuk harga tiket Lubuklinggau-Jakarta Rp 650 ribu. Sementara Jadwal keberangkatan dari Lubuklinggau-Jakarta berangkat pukul 12.00, dengan jumlah kursi 60 penumpang.
“Pesawat BHE 146 bermesin jet milik maskapai Aviastar ini memang berkapasitas 84 penumpang. Namun dengan kondisi panjang lintasan saat ini yang panjangnya 1.350 meter, hanya dibatasi 60 penumpang,” jelasnya.
Bupati Musirawas Ridwan Mukti yang ikut dalam penerbangan perdana dari bandara Soekarno Hatta-Silampari mengatakan, dengan mulai dioperasikannya bandara Silampari, merupakan tahap awal dibukanya jalur penerbangan.
Disebutkannya, minat masyarakat untuk mengunakan jalur transportasi ini sangat tinggi terbukti pada hari pertama dimulainya penerbangan jumlah kursi yang disiapkan oleh pengelolah semuanya terisi penuh,
Bupati megharapkan kepada pihak penyedia jasa penerbangan yang bekerjasama dengan bandara Silampari, agar bisa segera mengevaluasi untuk penerbangan setiap hari.
Sementara itu Direktur PT Komala Edwin Wijaya, selaku penyedia jasa penerbangan yang menggaet maskapai Aviastar untuk beroperasi di Musirawas mengatakan, dua pekan kedepan, rute Lubuklinggau-Palembang segera dibuka.Setelah itu akan dijajaki untuk rute penerbangan ke beberapa kota di Indonesia.
“Kita lihat animo masyarakat disini cukup tinggi, sehingga kemungkinan penerbangan setiap hari bisa cepat terlaksana, tinggal mengatur jadwalnya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat juga akan melayani rute ke kota-kota lain seperti Jambi, Padang, Batam dan lainnya,” ujarnya. (*)