suasana pelantikan Pejabat setingkat esselon II
skmnuansanews-Musi Rawas (10/07), Mutasi pejabat setingkat esselon II pada hari Jumat pagi (08/07).dilakukan di Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas pelantikan ini langsung dilakukan oleh Bupati Musi Rawas, Ridwan Mukti. Pelantikan 5 (lima) pejabat ini dihadiri hampir separuh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
di selah sambutannya Ridwan Mukti Selaku Bupati Mura meminta kepada seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura untuk membangun pencitraan yang positif bagi masyarakat. Sebab, selama ini dirinya sering mendapat laporan dari masyarakat bahwa banyak pejabat yang tidak melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) sehingga mengecewakan masyarakat.“Saya minta bangun pencitraan yang positif. Untuk membangun daerah ini kita tidak bisa sendiri-sendiri. Oleh karena itu, kita harus membangun komunikasi dengan berbagai pihak salah satunya dengan masyarakat. Kemudian, satu hal yang paling penting yakni membangun komunikasi dengan pemerintah daerah lain, Pemprov dan pemerintah pusat. Dari sanalah kita bisa bersikap profesional,” ucap Ridwan ketika menyampaikan sambutannya pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat struktural di lingkungan Pemkab Mura yang berlangsung di Op Room Pemkab Mura, Jumat (09/07).

“Oleh karena itu, saya lebih suka di kitik untuk pembelajaran dan kemajuan kita kedepannya. Dan kebetulan disini ada DPRD Kabupaten Mura, supaya dapat menjalankan Tupoksinya yakni sebagai pengawasan terhadap kinerja eksekutif. Dan tetap memonitor untuk mencapai tujuan yang sama yakni mensejahterakan rakyat dan pembangunan di Kabupaten Mura. Untuk itu, kepada pejabat supaya jangan takut apabila mendapat panggilan dari wakil rakyat di DPRD,” pintanya.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan melantik lima pejabat dua diantaranya didefinitifkan. Adapun nama-nama pejabat yang dilantik yakni Usman Mustopa menjadi staf ahli bupati bidang pemerintahan Kabupaten Mura yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Mura. Kemudian, Amro Munsyi Bemban Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Mura menjadi definitif. Tri Buana, Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Mura menjadi definitif. Selanjutnya, HA Murtin dari staf ahli bidang pemerintahan Kabupaten Mura menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mura. Lalu Muhammad Ruzaidin Noor dari tenaga administrasi pada staf ahli bupati bidang pembangunan Kabupaten Mura menjadi Plt Kepala BLH Kabupaten Mura.

Hal tersebut, sesuai dengan keputusan Bupati Musi Rawas Nomor : 281/KPTS/BKPP/2010 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural esselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

“Pelantikan ini merupakan kebutuhan organisasi dan juga kondisi yang terjadi di Kabupaten Mura sehingga harus dilakukan pelantikan. Dengan harapan, untuk menuntaskan pelayanan publik sesuai dengan visi dan misi Pemkab Mura. Dilakukannya pelantikan pejabat esselon II ini karena memang sangat mendesak,” harap Ridwan.

Menurut Ridwan, pelantikan akan tetap dilakukan mengingat banyak pejabat di Pemkab Mura yang telah memasuki masa pensiun. “Akhir Juli nanti bakal ada mutasi secara terus menerus dan semua itu sudah dikoordinasikan dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) Kabupaten Mura. Karena jabatan ini merupakan amanah, maka dari itu kami minta tugas ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dan satu hal lagi, para pejabat jangan memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi. Apalagi selalu beralaskan Dinas Luar (DL) padahal tidak berkaitan dengan pekerjaan,” tegasnya.

Bupati akan memantau kinerja pejabat ini selama enam bulan ke depan, apabila tidak terjadi perubahan maka akan dilakukan perombakan kembali. “Lebih baik penilaian itu dari orang lain tujuannya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Untuk itu kepada pejabat supaya bisa mencermati waktu yang digunakan. Jangan ‘aji mumpung’ karena kinerja kita diawasi oleh aturan yang berlaku,” pungkasnya.

setelah selesai acara pelantikan tim menghampiri Bapak Achamd Murtin yang dilantik dari staf ahli bidang pemerintahan Kabupaten Mura menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mura, iapun berjanji akan menjalani tupoksi kerjanya sesuai dengan apa yang diinginkan Bupati Musi Rawas dan dalam waktu dekat dengan kepercayaan yang diberikan Buapti Mura ini,ia berkeinginan melakukan fokus kerja pembenahan internal serta inventarisir permasalahan yang ada didalam SKPD yang baru akan ia pimpin tersebut.

” Kita sama-sama tau bahwa permasalahan ketenaga kerjaan dan transmigrasi merupakan permasalahan yang paling akut didaerah ini, saya akan mencoba memilah satu persatu agar semua permasalah yang ada dapat diselesaikan. Saya cukup berterima kasih dengan kepercayaan yang diberikan Bupati, dan akan saya jalankan tugas saya selaku Kadis dengan baik, dan saya meminta dukungan dari semua kalangan untuk itu,” Ujar Murtin saat diwawancari setelah usai pelantikan dirinya kemarin. (*)