Doni Wahyudi – Piala Dunia

Reuters
Jakarta – Percaya atau tidak, publik dan media Portugal kini tengah merindukan senyuman Cristiano Ronaldo. Soalnya, dalam beberapa waktu ke belakang dia jarang tersenyum yang disebabkan puasa bikin gol.

Begitulah, Ronaldo kini kabarnya jarang tersenyum sejak bergabung bersama rekan-rekannya di timnas Portugal pada 21 Mei lalu. Baik sedang latihan atau dalam aktivitas lain, winger Real Madrid itu lebih banyak memasang wajah datar.

Dikutip dari AS, kondisi ini membuat Carlos Quieroz cukup was-was. Disebutkan kalau sang pelatih telah mencoba menyemangati kembali Ronaldo, mengingat sang pemain punya pengaruh besar terhadap kondisi tim.

Kondisi tersebut sama sekali berbeda dengan kepribadian Ronaldo yang biasanya. Mantan bintang Manchester United padahal sebelumnya terkenal suka bersenda gurau dan melontarkan jokes dengan rekan-rekannya, tak peduli tengah menanggung beban yang berat sekalipun.

Selidik punya selidik, sebab dari pelitnya Ronaldo mengumbar senyum adalah karena puasa bikin gol yang dia alami di timnas Portugal. Total sudah 16 bulan Ronaldo tak menyumbang gol buat timnasnya.

Kali terakhir dia merayakan gol atas namanya sendiri adalah 11 Februari 2009. Sejak saat itu Ronaldo sudah bermain sembilan kali untuk Portugal dengan durasi merumput selama 645 menit dan absen mencetak gol. Sebuah kondisi yang jelas berseberangan dengan di Real Madrid.

Meski sempat dihadang cedera, di Santiago Bernabeu Ronaldo malah menjadi top skorer Los Merengues di musim yang baru saja lewat. Di La Liga saja, pemain terbaik dunia itu membuat 26 gol dari 29 penampilan. Di semua kompetisi musim lalu, CR9 melesakkan 33 gol.

Sejak memulai debutnya bersama tim senior Portugal pada 20 Agustus 2003 lalu, sumbangan gol Ronaldo memang terhitung masih minim. Dari 71 caps yang dimiliki, dia mencetak 24 gol.

Minimnya gol yang dibuat Ronaldo di timnas Portugal bisa jadi karena dia merasa tertekan. Apalagi beberapa waktu lalu dia mengaku kalau pressure yang dia terima di timnas sangat besar.(detik.com)

(din/din)