skmnuansanews.wordpress.com-Musi Rawas (06/06), perhelatan akbar pemilihan calon pemimpin kabupaten Musi Rawas lima tahun kedepan akan di ketahui tidak lama lagi, hasil itu juga yang akan dinatikan oleh masyarakat dan kadidat yang ikut bertarung akan menjadi tegang dan mendebarkan jantung mereka.

pada Selasa (08/06) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas akan melakukan Rekapitulasi dan menetapkan siapa yang menjadi pemenang diantara kandidat yang ikut bertarung untuk periode 2010-2015 natinya.

Sebelum ditetapkan siapa diantara kandidat tersebut keluar sebagai Cabup-Cawabub terpilih, KPU Mura akan terlebih dahulu melakukan rapat pleno yang dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB yang akan dipusatkan di Gedung Serbaguna KPU Kabupaten Mura. Rapat pleno ini juga akan dilakukan dua kali dihari yang sama.

“Kalau tidak ada kendala, KPU akan melakukan pleno terhadap hasil penghitungan suara yang telah dilakukan oleh setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dan barulah nanti kami menetapkan calon terpilih,” jelas Efriyansyah, sebagai Ketua KPU Musi Rawas diruang kerjanya, Minggu (06/06).

untuk proses pelaksanaan pleno nanti pihaknya mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat, pasca pencoblosan, suhu politik semakin memanas, tambahnya.

“Kemungkinan besar pada pelaksanaan pleno nanti, kami mendapatkan bantuan petugas keamanan yang disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan” terangnya.

Ditanya mengenai isu yang beredar belakangan ini, bahwa pleno KPU akan dipindahkan ke Polres Mura dibantah oleh Efri, sapaan akrabnya. Sebab, berdasarkan Putusan KPU Mura Nomor 8 pelaksanaan pleno harus tetap dilaksanakan di KPU Mura sebagai penyelenggara Pemilukada dan Wakil Kepala Daerah, katanya.

“Kita tidak bisa melakukan pleno di tempat lain karena KPU merupakan lembaga penyelenggara Pemilu. Boleh saja dilakukan ditempat lain dengan pertimbangan kondisi yang tidak mendukung. Tapi, sejauh ini kondisi di Kabupaten Mura tampak kondusif,” pungkasnya.

Ditempat yang berbeda Devisi Hukum KPUD Musi Rawas, Kenny mengatakan bahwa rekapitulasi dan penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih ini tetap mengacu pada undang-undang yang berlaku dan Peraturan KPUD Musi Rawas No 73 tahun 2009 tentang rekapitulasi.

“Dalam hal Pemilu Bupati dan Wakil Bupati atau Pemilu Walikota dan Wakil Walikota,
Pemilu, berita acara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 26, paling lambat 1 (satu) hari diputuskan dalam rapat pleno KPU Kabupeten/Kota untuk menentukan pasangan calon terpilih. Dan nanti jika ada yang keberatan tentang hasil pemilihan oleh pasangan lainnya ke MK, KPUD akan menyampaikan hal ini ke DPRD “ Ujar Kenny.

Ia juga menambahkan, bahwa saat ini semua data dari PPK tentang rekap suara kecamatan sudah masuk semua ke KPU.